Rabu, 07 Desember 2011

Kita semua bersaudara



Siapakah yang dapat disebut sebagai sanak saudara Tuhan Yesus? Sanak saudara Tuhan adalah orang yang melakukan firmanNya. ”Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-KU (Mrk 3.35). Tiada sesuatu yang lebih indah daripada persaudaraan di dalam dunia ini! Untuk memperoleh seorang saudara kita harus menjadi saudara terlebi dahulu, seperti Yesus yang datang dan menjadi saudara bagi orang berdosa (Mat 11.19), termaksud menjadi saudara bagi anda dan saya.
            Ada sebuah ungkapan yang mengatakan ”Kemanusia yang benar ditemukan pada saat manusia saling memberi dan menerima”. Tentang persaudaraan yang membebaskan dimana adanya saling melengkapi, menguatkan, dan saling melayanin satu dengan yang lain. Rasul paulus mengatakan ”bertolong-tolonganlah menanggung beban! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus” (Gal 6.2). Dan Yesus tidak perna setuju dengan praktek-praktek kejahatan yang menjatuhkan nilai-nilai kemanusiaan. Sesungguhnya setiap pribadi ciptaan Tuhan adalah makhluh yang mulia dan terhotmat. Berbagi dengan sesama adalah salah satu cara menjadikan hidup ini lebih berarti.
Ketika Yesus datang ke dunia ini, semua yang dilakukanNya adalah bukti kasihNya yang besar kepada dunia ini dan bukan karena mengharapkan balasan dari manusia (Joh 3.16). Satu hal yang perlu kita ingat juga bahwa ketika kita melakukan atau memberikan sesuatu bagi orang lain, janganlah mengharapkan bahwa mereka juga akan melakukan hal yang sama. Lakukan  dan berikan apa yang patut kita lakukan kepada sesama tanpa mengharapkan balasan dari mereka. Percayakan bahwa ketika kita melakukannya, maka Tuhan yang adalah pemelihara kehidupan kita dan yang adalah sumber berkat itu, maka Ia yang akan memberikan yang lebih baik bahkan yang lebih besar dari apa yang sudah kita berikan kepada orang lain( bnd Amsal 19.17).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar