Kamis, 04 November 2010

Pria Sebagai Imam Dalam Keluarga

gr.abnerpanjaitan

Pendahuluan:
Banyak keluarga yang hancur akibat dari tidak menempatkan diri dalam posisi yang sebenarnya sehingga terjadi mis-komunikasi dalam satu rumah tangga. Hal ini juga dialami keluarga Kristen hingga ada yang berakibat berantakan karena suami maupun istri tidak mengerti fungsi mereka masing-masing sebagai seorang istri atau istri Kristen. Petrus mengatakan pada suratnya dengan jelas memaparkan tugas dan tanggung jawab sebagai istri-suami sebagai keluarga Kristiani dimana dikatakan 1 Petr 3:1-2 Demikian juga kamu, hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan isterinya, jika mereka melihat, bagaimana murni dan salehnya hidup isteri mereka itu. Dan sebagai seorang suami juga dikatakan dengan jelas "Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang" (aya 7). Kebanyakan keluarga Kristen tidak lagi meletakkan firman Tuhan sebagai dasar yang kokoh bagi keutuhan keluarga mereka. 
A. Beberapa model keluarga pada zaman sekarang
Sebelum kita melihat apa fungsi seorang pria sebagai imam di dalam kelauarganya, mari kita lihat terlebih dahulu beberapa model "kedudukan"pemerintahan yang ada di dalam keluarga Kristen dewasa ini.
  1. Model garis lurus yaitu: model ini menyatakan suatu urutan otoritas dengan garis lurus; Otoritas tertinggi berada di tangan suami; otoritas kedua yang ada di bawah suami adalah istri; Istri mempunyai otoritas terhadap anak-anak, model ini biasanya terdapat pada keluarga di mana sang suami adalah orang yang super sibuk sehingga tanggungjawab pengurusan anak dilimpahkan sepenuhnya kepada istri.
  2. Model persamaan hak dimana model ini menyatakan bahwa suami dan istri mempunyai kedudukan yang sama otoritasnya. Otoritas yang tertinggi berada di tangan suami dan istri. Anak-anak diurusi oleh siapa saja yang sempat dan model ini biasanya terdapat pada keluarga yang suami maupun istri sama-sama sibuk dengan urusan masing-masing.
  3. Model penguasa tunggal; model ini menyatakan di mana suami mempunyai kedudukn dan otoritas tertinggi atas istri dan anak. Kedudukan istri tidak mempunyai otoritas apapun terhadap anak-anak. Ini terjadi bila seorang suami dikenal dengan sikap diktator, tidak ada yang boleh menentangnya, tidak anak tidak istri 
  4. Model bertukar peran; di mana istri menggantikan perananan suami dengan memengang otoritas tertinggi atas suami dan anak. Suami kurang berperan tidak mempunyai otoritas apapun dan bahkan mengurusi rumah tangga, istri menjadi pencari nafkah.
  5. Model Izebel, istri yang memang seluruh kendali atas suami, anak dan seisi rumah suami hanya tunduk kepada perintah istri demikian juga anak-anaknya. Ini biasa terjadi pada wanita karier yang lebih sukses dibandingkan suaminya.
Model Yang Benar 
Model keluarga Kristen, suami adalah kepala keluarga yang mempunyai otoritas terhadap istri dan anak-anaknya (Kej 3.16; 1 Tim 3.12; 1 Kort 11.3), istri mewakili suami sebagaimana Kristus mewakili Allah dan suami mewakili Kristus. Suami juga bertanggungjawab atas anak-anaknya (Kol 3.21; Efs 6.4) istri mempunyai otoritas terhadap anak-anaknya sebagai seorang ibu ( Efs 6.1-20 dan model ini adalah model keluarga Kristen yang dikehendaki Tuhan.

B. Peranan Suami Sebagai Imam dalam keluarga
Ada 3 fungsi utama seorang imam, yaitu;
  1. Mempersembahkan korban, korban yang dipersembahkan seorang imam adalah untuk dirinya sendiri dan seluruh jemaat, korban yang dipersembahkan untuk menguduskan dirinya dan seluruh jemaat. Di dalam lingkungan keluar, peranan seorang suami sebagai seorang imam dalam atau bagi keluarganya adalah menjaga kekudusan dirinya sendiri dan anak-anaknya 
  2. Menaikkan doa syafaat. Tugas seorang imam menaikkan doa syafaat kepada Tuhan untuk kepentingan umat Tuhan atau dikatakan bahwa ia menjadi penengah antara Tuhan dan umatNya dan juga penengah antara iblis dan anak-anakNya. Suami Kristen juga menjadi pendoa syafaat atau penengah bagi istri dan anak-anaknya.
  3. Memberkati. Dimana suami Kristen harus memberkati umat Tuhan, demikian juga suami Kristen wajib memberkati dan menjadi berkat bagi keluarganya dengan cara melayani istri dan anak-anaknya dalam hal berkat materi dan berkat jiwani dan berkat batiniah bagi istri.






Selasa, 02 November 2010

Sermon Epistel Minggu XXIII D.TRINITATIS 2 Joh 1.1-6


gr.abnerpanjaitan
I.Patujolo;                                                                                           
            Sabindu do surat 2 Johanes on, mura antusan isina. Ay 1-3 marrumang patujolo na pasahathon tabe ni panurat; ayat 4-6 isi manang impola ni surat 2 Johanes; ayat 7-10 marrumang panutup na pasahathon sibingkasi ni panurat manurathon surat on. Marhite pandohan ”Ai” di ayat 7, dipatuduhon na mangonjar panurat pasahathon surat on. Adong do 2(dua) parsoalaan na masa tingki i, i ma na parjolo, na sai tongtong ro angka pangajari pargapgap na naeng mangale halak Kristen asa mandoa sian Hata ni Debata . Poda na sintong i, i ma na pabotohon na manulak nasida di pandohan na Kristus songon Debata jala jolma (ptds tu ayat 7, ”ai nunga borhat torop siulahon sipaotooto tu portibi on”). Na paduahon, tung i ma borat na na niadopan ni angka halak Kristen uju i siala ni boi do ro sian bagas nasida sandiri i ma na lam moru parsitutuon ni angka ianakhon manang ruas ni huria i mangihuthon hasisintong poda manang Patik na sian Debata.  

II. Hatorangan;
  1. Pangajarion hasisintong marhite hata ni Debata.
dipatuduhon panurat on las ni rohana tu sada ina na manjalo surat on. Las rohana ala dipodahon patik na jinalona (holong) ditongatonga ni keluargana. Dihangoluhon keluarga ni ina ma patik i marhite poda dohot tiruan na denggan sian inana. Jumpang di ianakhonna parange hasintongan hombar tu patik na jinalona sian Ama i.Dipatuduhon ina i bukti ni holongNa tu Debata marhite na manghaholongi keluargana. Marhite podana i diargahon basabasa ni Debata na jinalona, i ma ianakhonna. Mangaradoti keluarga, ianakhon asa gab keluarga na unduk tu Debata, i do tugas pemberitaan Injil. Molo masihaholongan ianakhon(kelurga) i ma patuduhon na tahangoluhon Hata ni Debata. Parbaritaon na denggan i ingkon di bonai do sian dirinta sandiri, keluarga, dung pe i asa tu luar ni bagasnta. Ido na ni dok si Paulus di I Kort 9:27 “Hupukpuhi do dagingku jala hupatunduk, asa unang angka na asing hujamitai, hape ahu gabe bolong”. Adong do keluarga dohot sitangianghononta, ido tohonanta na parjolo laho mangajarhon marhite hata ni Debata.
  1. Mangulahon hasintongan Hata ni Debata
Molo nunga tangkas be dasor manang ojahan ni parpunguan I marhitehite hasisintong hata ni Debata tarlumobi keluarga ni halak Kristen, ndang muramura be dielaela pangajarion na ro manang sian dia pe. Halak na sai mian huhut mangulahon hasintongan hata ni Debata ndang dipaila ngoluna, alai dipatimbo Debata do, ido na didok 5 Musa 4.1 4:1 ”Nuaeng pe, ale Israel, sai tangihon ma aturan dohot uhum, angka na hupodahon tu hamu, sibahenonmuna, asa mangolu hamu jala masuk hamu tu tano siteanonmuna i, na nilehon ni Jahowa, Debata ni ompumuna i tu hamu”. HataNa i do na gabe ”kompas” dingolunta on songon na ni dok ni Apostel Jakobus “Haporseaon i pe songon i do: Anggo so adong pangulaonna, naung mate do hadirionna” (Jak 2.17).
Asa unang mate didok haporseaon I ingkon do sahat tu na mangulahonsa

III. Aha ma ondolan jala na boi idaonta sian turpuk on:
1.   Hombar tu topik ni minggunta di Minggu XXIII dung Trinitatis ”Mangajarhon Hata ni Debata tu Pinompar”, tontu diingil do hita sude ruas ni huria i asa mangharingkothon ulaon on di ganup ngolunta dohot bagasnta be. Songon na didok ni Martin Luther, mangajari angka ianakhon dos do songon na mangisi anggur tu sada drum na sian hau i, sai na boi do suda anggur i alai molo angur ni anggur i sai na lohot do di drum i. Molo nunga diboto dakdanak i hata ni Debata, di boto ma holong ni roha, diboto ma mangulahon na denggan, ndada holan natorasna na boi menikmati i alai godang halak manang di dia pe dakdanak i muse dungkon balga ibana.
2. Mangaradoti dohot mangajarhon Patik ni Debata i ma tanggungjawab moral dohot tanggungjawab haporseaon di ganup halak. Siala dijou jala dipillit Debata do ganup jolma i asa mangulahon angka lomo ni roha ni Debata ima songon bangso marhite Patik na jinalo na si Musa di dolok Sinai, asa dijou jala satia nasida laho mangulahonsa.
3.   ”Holong” i do hata na popular di panandaon ni halak molo ditaringoti hakristenon. Molo dibege parugamo na asing hata “Kristen”, mamintor tarsunggul rohana tu hata “holong”. Pandohan”huhaholongi” dikaithon tu pandohan mananda ”hasintongan”. Na mansiarainrainan do pandohan on: ”Kewajiban do tu saluhut na mananda hasintongan laho manghaholongi”. Jala halak parroha holong i do na mananda hasintonga. Amen

Hidup Berhikmat


 gr.abnerpanjaitan

Ada filsafat buah yang merefleksikan kehidupan seperti ini: Jadilah jagung, jangan jambu monyet, jagung membungkus bijinya yang banyak, sedangkan jambu monyet memamerkan bijinya yang cuma satu-satunya. Jangan pamer, kecuali lagi pameran. Jadilah pohon pisang, pohon pisang kalau berbuah hanya sekali, lalu mati. Kesetiaan dalam pernikahan. Jadilah duren, jangan kedondong walaupun luarnya penuh kulit yang tajam, tetapi dalamnya lembut dan manis, beda dengan kedondong, luarnya mulus, rasanya agak asem dan di dalamnya ada biji yang berduri. Jadilah bengkoang walaupun hidupnya dalam kompos sampah, tetapi umbinya isinya putih bersih. Jagalah hati jangan kita dinodai meskipun mainnya di tempat sampah. Jadilah padi makin berisi, makin merunduk. Tapi awas ada wereng. Jadilah pohon kelapa sudah terkenal dengan serba gunanya, tidak bisa dimanipulasi(tidak dapat dicangkok); Jadilah tandan Pete, bukan tandan rambutan. Tandan Pete membagi makanan sama rata ke biji petenya, semua seimbang, ngak seperti rambutan ada yang kecil ada yang besar. Jadilah cabe makin tua makin pedas, makin tua makin bijaksana. Jadilah buah manggis bisa ditebak isinya dari bokong buahnya, maksudnya jangan munafik. Jadilah buah nangka, selain buahnya, nangka memberi getah kepada penjual atau yang memakannya, artinya berilah kesan kepada semua orang(tentunya yang baik). 
Sejarah menjadi unsur hakiki seorang manusia. Hidup manusia bukanlah serupa batu di ruangan hampa, dalam arti senantiasa sama sejak awal sampai akhir, melainkan berbuah dengan kata dalam pengembangan hidup manusia pada umunnya tidak disediakan jalan pintas. Dengan kata lain panggilan hidup manusia menuntut sepenuhnya tanggung jawab dari setiap peribadi. ”Hanya ada dua tragedi dalam kehidupan ini; orang uang tidak mendapatkan apa yang diinginkan dan orang yang mendapatkannya”. 

       Memiliki hikmat dan kebijaksanaan kepada Ayub(28.1-12) menjadi kesadaran baru tentang persekutuan dengan Allah. Persekutuan dengan Allah yang bukan tradisi agama seperti yang dipertahankan oleh sahabat-sahabat Ayub, melainkan persekutuan yang hidup, dengan Allah yang hidup. Allah yang menyatakan dirinya lewat topan membuat Ayub lebih mengenal dan menikmati persekutuannya dengan Allah yang memberi makna dalam hidup ini. Orang berhikmat itu adalah orang yang memiliki pengetahuan yang memungkinkan orang itu mengenal Yang Mahakudus (Ams 30.3). Sehingga, orang yang berhikmat akan mampu melihat perbuatan-perbuatan Tuhan yang besar dalam setiap perjalanan hidup ditengah-tengah realitas dunia ini. Orang yang bijak selalu memberikan pengaruh yang positif. Oleh karena itu, seseorang yang berhikmat berjerih payah untuk melakukan kebenaran, yang berkenan bagi Tuhan, serta menghindari jalan yang menyesesatkan. Pengalaman hidup yang berjalan bersama Tuhan adalah pengalaman hidup yang tidak ternilai harganya, oleh sebab itu marilah melangkah dengan tuntunan dan ajaran serta tanggung jawab hidup yang besar kepada Tuhan.